Frame Humas Polres Tegal Kota - 23 Juli 2020 26

Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Bertempat di ruang Adipura Balaikota Tegal, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo menjadi narasumber peringatan Hari Anak Nasional 2020 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Kamis (23/07).

Selain Kapolres Tegal Kota turut hadir pula narasumber lainnya yaitu Psikolog RSUD Kardinah AD. Andriyanti dan Direktur Pascasarjana UPS Dr. Hamidah

Seminar tersebut dihadiri oleh Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal dan jajaran, Bapas, Bapermas, PPP Puspa, Ketua PKK Kota Tegal, Forum Anak Tegal Bahari serta dihadiri pula oleh jajaran Kapolsek, Kasat Reskrim Polres Tegal Kota dan Polwan.

Kegiatan pun dibuka dengan sambutan oleh Kepala  DPPKBP2A Kota Tegal M. Afin dengan mengetuk palu sebagai simbolis dan mengutarakan bahwa dalam mendidik maupun membina anak di tahun 2020 merupakan sebuah tantangan karena berbarengan dengan pandemi Covid-19.

Kapolres Tegal Kota yang menjadi salah satu narasumber dalam seminar tersebut pun memaparkan satu persatu dari mulai pengaruh media sosial terhadap kehidupan anak hingga kejahatan dunia maya yang menyeret anak kedalamnya, sehingga pentingnya peran orang tua dalam pengawasan dan bagaimana peran Kepolisian dalam menangani masalah yang masuk ranah pidana tersebut.

”Sudah berapa banyak anak yang berurusan dengan hukum dan kebanyakan semua berawal dari pergaulan dunia maya, dari sebuah rasa penasaran hingga berkelanjutan ketika mereka sudah mengakses konten-konten yang tidak pantas dipertontonkan”, ujar Kapolres Tegal Kota sembari menunjukan slide paparan.

Selain itu AKBP Rita memaparkan tren penyalahgunaan sosial media yang semakin meningkat dengan melibatkan anak sebagai korban bahkan pelaku antara lain konten pornografi, human trafficking dan anak korban KDRT.

Dalam seminar tersebut dilakukan pula dialog interaktif melalui sesi tanya jawab dengan hadirin seminar.

Selesai seminar Kapolres bersama anggota Forum Anak Tegal Bahari berjajar di sepanjang jalan depan Balaikota sebagai bentuk mensosialisasikan ke pengguna jalan mengenai pentingnya pola pengasuhan anak yang baik dalam peringatan Hari Anak Nasional 2020 melalui poster yang dipegangi oleh anak-anak yang tergabung dalam forum tersebut maupun Polwan.