Pembinaan HUMAS POLRES TEGAL KOTA - 28 Mei 2020 58

tribratanews-tegalkota.com, Kota Tegal - Polres Tegal Kota, akan melakukan pengawasan penerapan new normal atau era kehidupan baru selama masa pandemi Covid-19 di Kota Tegal. Penindakan terhadap masyarakat yang tidak disiplin menerapkan kebiasaan-kebisaan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan akan dilakukan dengan cara persuasif.

Kapolres Tegal Kota Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, kepolisian bersama TNI akan mengawasi penerapan new normal di tempat-tempat umum menyusul sudah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal.

Langkah tersebut, menurut Kapolres, untuk memastikan masyarakat sudah siap menjalankan new normal, seperti selalu jaga jarak dan memakai masker ketika berada di luar rumah sekaligus melakukan pengawasan agar kebiasaan-kebiasaan baru itu dijalankan dengan disiplin.

"Nah kami dari TNI dan Polri akan hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Untuk masyarakat supaya lebih tertib menjalankan kebiasaan-kebiasaan standar protokol kesehatan. Jadi ekonomi jalan, kehidupan kita kembali berjalan," ucap Kapolres.

Kapolres mengatakan, dalam pengawasan pihaknya akan mengedepankan tindakan-tindakan edukatif dan persuasif kepada masyarakat yang masih belum tertib menjalankan aktivitas sehari-hari sesuai protokol kesehatan.

"Kita persuasif karena kondisi seperti ini jadi tentunya kami juga akan memberikan teguran dengan cara yang persuasif karena bagaimanapun juga ini adalah kepentingan untuk mereka juga, untuk kepentingan bersama," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengecek kesiapan Stasiun Tegal dalam menerapkan protokol kesehatan ketika nantinya pelayanan perjalanan kereta api sudah berjalan kembali, di antaranya pengaturan tempat duduk, jarak antrean dan penyediaan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Selain itu Kapolres juga memberikan bantuan sembako dan masker kepada para porter.

Penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako diserahkan oleh Kapolres Tegal Kota kepada Kepala Stasiun Kota Tegal dan Perwakilan Porter dan Cleaning servis, serta dilanjutkan seluruh pejabat Polres Tegal Kota lainnya.

Selain dilakukan pembagian sembako, Juga di bagikan APD berupa masker untuk proses pembagian sesuai dengan protokol kesehatan yaitu Social Distancing.