Sabhara Humas Polres Tegal Kota - 03 September 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal -  Berlokasi di Kantor Sat Binmas Alun-Alun Kota Tegal, sejumlah personel pengamanan dari kepolisian melaksanakan apel pengamanan aksi damai, Kamis (3/9). Aksi damai yang digelar oleh ORPETA (Organisasi Pedagang Eks Taman Poci Kota Tegal) tersebut dijadwalkan akan diawali dengan aksi di Balaikota kemudian dilanjutkan ke Kantor DPRD Kota Tegal. Kegiatan aksi damai yang digelar kali ini terkait penataan dan pembangunan Taman Poci Kota Tegal. Dalam aksinya pedagang yang dahulu menempati Taman Poci tersebut meminta kejelasan mengenai tempat relokasi yang baru. Hal tersebut dikarenakan usai RPD (Rapat Dengar Pendapat) yang digelar dengan DPRD Kota Tegal sampai saat ini belum terealisasi. Sehingga para pedagang yang belum menjalankan usahanya kembali ini mempertanyakan. Kegiatan aksi damai ini digelar dua hari pada tanggal 2-3 September 2020 untuk mencapai solusi yang tepat terkait relokasi pedagang. Dalam hal ini kaitannya Polres Tegal Kota menyiapkan personel pengamanan agar dalam aksi damai tersebut, kegiatan dapat berjalan aman dan lancar.

Sabhara Humas Polres Tegal Kota - 22 Agustus 2020
  Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif di tengah pendemi Covid-19, Polsek Tegal Timur Polres Tegal Kota intens melaksanakan ‘Blue Light Patrol’, atau patroli dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru di wilayah hukum Polsek Tegal Timur. Kegiatan tersebut difokuskan di beberapa titik rawan kejahatan dan obyek vital dan himbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan di tengah pendemi covid-19. Jum’at, (21/08/2020). Kapolsek Tegal Timur Polres Tegal Kompol Agus Endro Wibowo mengatakan, Blue Light Patrol ini dilaksanakan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya pada malam hingga dini hari. “Keamanan dan ketertiban adalah tugas dan tanggung jawab kami, untuk itu melalui patroli biru yang digelar oleh anggota kami ini dapat memberi rasa aman dan nyaman terhadap warga yang akan beraktifitas”, ungkap Kapolsek Tegal Timur. Menurutnya, patroli biru / blue light patrol memang difokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari dengan mengoptimalkan tindakan preventif, menyalakan lampu biru serta memberikan himbauan Kamtibmas ke warga masyarakat. “Dengan blue light patrol masyarakat akan tahu ada kehadiran Polisi sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beraktifitas,” tuturnya. Selain melakukan patroli biru / blue light patrol Polsek Tegal Timur Polres Tegal Kota juga menyambangi warganya yang sedang berkumpul

Sabhara Humas Polres Tegal Kota - 21 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Dalam Rangka mencegah penyebaran covid-19, Sat Sabhara Polres Tegal Kota melaksanakan patroli dialogis sekaligus mengingatkan kepada warga tentang arti pentingnya menjaga kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Kami minta untuk seluruh warga selalu meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan guna mencegah segala bentuk gangguan kamtibmas. Dan kami juga mengingatkan kepada warga agar rajin mencuci tangan,  memakai masker saat keluar guna mencegah penyebaran virusCovid-19,” ungkap Kasat Sabhara AKP Nasoir. Kasat Sabhara Polres Tegal Kota AKP Nasoir menerangkan bahwa jajaranta terus memberikan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya virus Corona. Protokoler pencegahan covid-19 sangat penting diterapkan, adaptasi kebiasaan baru disaat pandemi virus ini bisa dijalankan sehingga aktifitas perekonomian masyarakat bisa seger pulih kembali, tandasnya.

Sabhara Humas Polres Tegal Kota - 09 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Bersama anggota Polwan, Regu Patroli Sat Sabhara Polres Tegal Kota membagikan masker kepada warga di sekitar Alun-Alun Kota Tegal, Sabtu (08/08). Kegiatan yang dipimpin oleh KBO (Kaur Bin Ops) Sat Sabhara Iptu Rushendro dengan didampingi Kapolsek SKP (Sektor Kawasan Pelabuhan) Kompol Efi dan para polwan tersebut diawali dengan apel di Kantor Sat Binmas Alun-Alun Kota Tegal. Kegiatan patroli yang digelar kali ini mengarah kepada masyarakat di seputaran alun-alun yang tidak mematuhi protokol kesehatan antara lain tidak memakai masker maupun menjaga jarak. Sehingga regu patroli yang bertugas memberikan imbauan berupa edukasi tentang bahaya Covid-19perlunya menjaga jarak dan membagikan masker. Alun-Alun Kota Tegal sendiri selalu ramai oleh pengunjung terutama ketika malam minggu, sehingga banyak pelanggaran mengenai protokol yang seharusnya dipedomani terutama untuk tidak membuat kerumunan. Dalam kegiatan patroli kali ini peran Polwan lebih dikedepankan sebagai peran preemtif dari Kepolisian sebagai upaya untuk menimbulkan kesadaran masyarakat. Dengan terus bertambahnya data jumlah korban dari virus Covid-19 menuntut kita untuk bisa disiplin protokol kesehatan yang dimulai dari diri sendiri. Termasuk peran penting aparat keamanan dalam menciptakan situasi kondusif di masa pandemi seperti ini melalui upaya imbauan dan pembinaan.

Sabhara Humas Polres Tegal Kota - 08 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Berlokasi di Jl. Waringin, Tegal Timur, Kota Tegal regu Patroli Sabhara Polres Tegal Kota mengimbau masyarakat yang berada di luar rumah untuk tetap patuhi protokol kesehatan, Jumat (07/08). Terlihat Kerumunan warga yang sedang nongkrong tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan antara lain tidak memakai masker maupun menjaga jarak. Sehingga mengundang regu patroli yang sedang berdinas untuk memberi imbauan dan edukasi terkait penerapan protokol tersebut. Dengan cara dialogis tersebut diharapkan masyarakat lebih mudah menerima penjelasan mengenai bahaya Covid-19 dan timbul kesadaran pentingnya sikap disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Patroli dialogis yang selain memberi imbauan, tetap mengutamakan memberi pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap tindak kriminal dalam bentuk apapun. Selain terjun ke masyarakat langsung regu patroli juga mengarah ke kantor perbankan maupun pusat perbelanjaan untuk mengimbau tentang disiplin protokol kesehatan mengingat di tempat tersebutlah titik kumpul massa sehingga para security tempat tersebut harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan.

Sabhara Humas Polres Tegal Kota - 05 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Bertempat di halaman Mako Polres Tegal Kota selesai apel fungsi, anggota Sat Sabhara laksanakan latihan peningkatan kemampuan (latkapuan) beladiri menggunakan sarana tongkat Polri, Rabu (05/08). Latihan yang digelar dengan dipimpin KBO (Kaur Bin Ops) Sat Sabhara Polres Tegal Kota Iptu Rushendro tersebut diikuti oleh para kanit dan anggota turjawali yang akan melaksanakan tugas. Dalam latihan kali ini Iptu Rushendro lebih menekankan penggunaan tongkat Polri atau tongkat T. Materi tongkat Polri sendiri yang dilatihkan meliputi drill tongkat sebagai alat penangkis, tongkat sebagai alat pemukul dan rangkaian gerak drill tongkat polri. Kegiatan latihan tersebut merupakan kegiatan yang rutin digelar setiap selesai apel pagi untuk mengingat kembali materi-materi lapangan fungsi sabhara. Berdampingan dengan materi beladiri yang dilaksanakan oleh anggota turjawali, Aiptu Dwi Yanto Kasubnit 2 Unit Dalmas bersama 2 anggotanya melatih ketangkasan satwa anjing pelacak yang dimiliki Unit K9 Polres Tegal Kota. Tujuan dari kegiatan latihan beladiri selain untuk merefresh kembali materi juga sebagai pengembangan kemampuan anggota terutama dalam menggunakan alat beladiri sehingga anggota juga sudah terbiasa ketika nanti menyelesaikan permasalahan yang mengharuskan menggunakan alat.