Binmas Humas Polres Tegal Kota - 06 September 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal -  Aiptu Sari Arum Budianto bersama Camat Tegal Timur ketika mengingatkan pengendara sepeda motor untuk menggunakan masker di kawasan Gor Wisanggeni, Tegal Timur, Minggu (6/9). Dalam kegiatan tersebut hadir pula Jajaran Lurah se-Kecamatan Tegal Timur, Danramil Tegal Timur, Bhabinkamtibmas Panggung dan Bhabinkamtibmas Kejambon. Kegiatan pun diawali dengan kegiatan apel singkat yang dipimpin oleh Camat Tegal Timur Zaenal Ali Mukti di halaman Kecamatan Tegal Timur. Kemudian jajaran forkopimcam yang terlibat diarahkan ke depan GOR Wisanggeni karena di lokasi tersebut biasa digelar pasar tumpah setiap hari minggu pagi. Dengan menggunakan pengeras suara Danramil dan Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat agar tetap mempedomani protokol kesehatan. Selain itu jajaran forkopimcam juga menyetop pengendara roda 2 yang terlihat tidak memakai masker. Aiptu Arum yang menemani Camat Tegal Timur pun memberi imbauan kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya penularan  Covid-19 sehingga pentingnya disiplin protokol kesehatan. Kegiatan tersebut pun sebagai wujud tindak lanjut dari Inpres no. 6 th. 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Diharapkan dengan kegiatan sinergitas 3 pilar (TNI-Polri dan Pemerintah Kota) ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehat

Binmas Humas Polres Tegal Kota - 04 September 2020
  Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal - Aiptu Agus Budiarto ketika memakaikan masker kepada pedagang toserba di Blok B Rusunawa, Kraton, Tegal Barat, Jumat (4/9). Siteko kepanjangan dari Polisi Tegal Kota yang diawaki oleh Bhabinkamtibmas, melakukan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan. Termasuk Aiptu Agus Budiarto yang bertugas membina warga Kelurahan Kraton, Tegal Barat. Hal tersebut sebagai wujud implementasi dari Inpres (Instruksi Presiden) no. 6 th. 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dalam kegiatan sosialisasi ini, Aiptu Agus mengarah ke warga pemukiman rusunawa, dengan berbekal masker anggota Bhabinkamtibmas tersebut mendatangi warga satu persatu. Aiptu Agus pun menyampaikan mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan yang bertujuan memutus rantai penyebaran Covid-19. Apalagi sekarang penerapan tersebut diatur oleh pemerintah melalui Inpres yang dikeluarkan baru-baru ini. Anggota Bhabinkamtibmas tersebut pun tidak melewatkan pedagang kawasan tersebut untuk didatangi dan diberi imbauan. Karena tempat jual beli sangatlah rawan akan menjadi tempat penyebaran virus apabila dilakukan dengan tidak sesuai protokol. Dalam sosialisasi ini diharapkan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan disiplin protokol kesehatan yang terdiri dari 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Binmas Humas Polres Tegal Kota - 31 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal –  Aiptu Noer selaku Bhabinkamtibmas Kelurahan Tegalsari, Tegal Barat ketika menyerahkan bantuan kepada warga di halaman Mapolsek Tegal Barat, Senin (31/08). Pendistribusian bantuan berupa beras tersebut berasal dari Aslog (Asisten Logistik) Polri tersebut dibagikan kepada warga yang terdampak selama pandemi Covid-19 ini Dalam kegiatan pendistibusian langsung tersebut, sejumlah 75 orang Kelurahan Tegal sari mendapatkan bantuan. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan kegiatan pendistribusian pun berjalan dengan lancar. Aiptu Noer sebagai anggota Bhabinkamtibmas pun selalu memberikan imbauan dalam setiap kegiatan yang dihadiri warga. Hal tersebut juga sebagai implementasi pelaksanaan Inpres no. 6 th 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid 19. Kepolisian sebagai penegak hukum yang bertugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat pun harus menjadi tauladan. Seperti halnya penerapan protokol kesehatan demi menanggulangi penyebaran virus Covid-19.

Binmas Humas Polres Tegal Kota - 31 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Aipda Sulsitiyono ikut memantau proses pembagian BST (Bantuan Sosial Tunai) yang bertempat di Kelurahan Keturen, Tegal Selatan, Senin (31/08). Bantua yang berasal dari provinsi tersebut disalurkan lewat tiap-tiap kelurahan di Kota Tegal dengan menggandeng Kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas dalam pendistribusiannya. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Keturen Dody Arsanto, Sekertaris Kelurahan, Kasi Permas serta masyarakat penerima bantuan Kegiatan pendistribusian tersebut pun dilaksanakan secara bertahap dengan dibagi per jamnya agar tidak terjadi penumpukan maupun kerumunan. Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas sebagai aparat yang bertugas di lapangan tetap mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Terutama untuk pemakaian masker dan menjaga jarak karena dalam pembagian yang dikhawatirkan ketika terjadinya penumpukan. Bhabinkamtibmas dalam hal ini tidak terlepas dari menindaklanjuti Inpres no. 6 th 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Sehingga Bhabinkamtibmas yang berada ditengah masyarakat harus mengimbau dan mengedukasi pentingnya penerapan protokol kesehatan sebagai wujud nyata Kepolisian memerangi virus Covid-19.

Binmas Humas Polres Tegal Kota - 13 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal – Berlokasi di Pasar Randugunting, Tegal Selatan, Kota Tegal, TNI-Polri gelar patroli gabungan guna mendisiplinkan warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan, Kamis (13/08). Dalam kegiatan tersebut Aiptu Parnojo selaku Bhabinkamtibmas Kelurahan Kalinyamat Wetan bersama anggota Koramil Tegal Selatan mengadakan patrol pendisplinan di 2 lokasi pasar, yaitu Pasar Randugunting dan Pasar Bandung. Dengan berbekal masker, anggota Koramil dan Bhabinkamtibmas memberikan imbauan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di lokasi pasar agar tetap sesuai protokol kesehatan dalam beraktivitas sembari membagikan masker. Pasar menjadi lokasi pilihan dalam patroli ini karena kebanyakan masyarakat mengabaikan aturan antara lain tentang penggunaan masker maupun dalam menjaga jarak. Sehingga perlu peran petugas keamanan dalam kaitannya melakukan imbauan maupun memberikan edukasi mengenai bahaya Covid-19 kepada masyarakat. Apalagi dengan masyarakat yang beraktivitas di pasar kebanyakan mempunyai rentang usia yang tidak lagi muda sehingga berpengaruh terhadap imun yang semakin menurun. Hal tersebut pun berhubungan dengan mudahnya manusia terserang penyakit karena sistem imunitas menurun. Maka dari itu penggunaan masker dan jaga jarak juga perlu diterapkan untuk menghindari penularan virus. Diharapkan dengan pendisiplinan yang dilaksanakan ini juga berpengaruh terhadap tingkat kesadaran masyarakat yang semakin tunggi dalam mematuhi proto

Binmas Humas Polres Tegal Kota - 05 Agustus 2020
Tribratanews-tegalkota.com – Kota Tegal -  Bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas Debong Lor sambangi Kantor Kelurahan untuk sampaikan pesan-pesan kamtibmas, Rabu (05/08). Dengan menemui Bapak Komaruzaman selaku staf seksi pemerintahan Kelurahan Debong Lor dan Bapak Hartono Ketua RW 02 Kelurahan Debong Lor, Aiptu Heru Sulistyono mengajak untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Debong Lor yang memerlukan peran semua unsur. Salah satunya yaitu dari perangkat wilayah setempat, sehingga dengan adanya sinergi antara TNI-Polri dan unsur pemerintahan maka terbentuk tiga pilar yang mampu bekerja sama dengan baik. Selain itu Aiptu Heru Sulistyono juga menyampaikan peran dari perangkat kelurahan setempat sangatlah penting guna mensosialisasikan era kebiasaan baru saat ini. Apalagi dengan ditambah dengan peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang juga giat blusukan langsung terjun ke warga untuk melakukan imbauan maupun pembinaan. Imbauan yang biasa disampaikan kepada warga yaitu untuk selalu memakai masker ketika keluar rumah, menjaga jarak dan tidak berkerumun apalagi ketika berpergian di tempat yang ramai salah satunya pasar dan untuk tidak lupa selalu menjaga kebersihan baik diri atupun lingkungan sekitar. Diharapkan dengan adanya kerja sama yang baik tiga pilar tersebut bisa menciptakan situasi yang kondusif terutama dalam bidang keamanan.